Rabu, 17 Januari 2018

Komunikasi Bisnis. Softskill Tugas Bedah Iklan (JD.id "Dijamin ORI")

Nama               :  Andika Rachman Wicaksono
NPM               :  11214075
Kelas               :  4EA12




Pada kesempatan kali ini saya akan melakukan analisis terkait iklan dengan pemanfaat komunikasi bisnis dan etika bisnis yang diterapkan oleh perusahaan JD.ID. sebelumnya saya akan memaparkan profil perusahaan JD.id. JD.id adalah perusahaan mal online (e-commerce) yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.com adalah salah satu toko B2C online terbesar di China secara jumlah transaksi, di mana JD.com adalah “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. JD.ID mengemban misi ‘make the joy happen’ –menghadirkan kebahagiaan- kepada seluruh pelanggan di Indonesia dengan memberikan layanan andal, cepat, aman untuk memilih serangkaian produk-produk berkualitas asli dengan harga yang kompetitif. Dengan memanfaatkan armada logistik miliknya sendiri serta didukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia.

JD.ID dapat menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat diandalkan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan nilai-nilai kompetitifnya, JD.ID bertujuan untuk menjadi perusahaan e-commerce yang paling populer dan terpercaya dengan terus-menerus berupaya menghadirkan layanan dan beraneka ragam produk kepada seluruh penguna dan pelanggannya di Indonesia.

JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya bervariasi mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.

Bisnis JD.ID berkembang sangat pesat. Jumlah produk yang ditawarkan bertumbuh cepat dari kurang dari 10.000 SKU pada tahun 2015 menjadi sekitar 100.000 SKU pada akhir tahun 2016. JD.ID juga menyediakan jasa pengiriman yang menjangkau 365 kota di seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengantarkan langsung kepada para pelanggan JD.ID








Saya akan melakukan bedah iklan perusahaan JD.id yang saya ambil contoh iklan dan saya akses melalui https://www.youtube.com/watch?v=LkCu68gF99Y


Alasan saya memilih iklan JD.id :

1.      Orang yang berperan dalam iklan tersebut cukup membuat saya terhibur karena orang tersebut membangun karakter wajah yang sangat berlebihan disaat sedih, marah dan senang.
2.      Musik atau lagu yang digunakan juga menarik sehingga saya yang melihat iklan tersebut merasa terhibur.



Isi / materi iklan JD.id :

Dalam iklan JD.id terlihat ada seseorang yang sangat kesal dan sedih karena telah tertipu saat membeli laptop di online shop dengan harga yang murah ternyata barang tersebut palsu lalu orang tersebut membeli laptop di JD.id dan hasilnya pun memuaskan, barang yang didapatkan Asli (Original) bukan barang palsu. Iklan yang telah JD.id tawarkan kepada konsumen atau calon pembeli, menerangkan bahwa JD.id melakukan suatu promosi barang – barang yang mereka jual merupakan barang yang asli atau Original dan bukan barang palsu atau barang tidak asli. Dalam web resmi JD.id tertera jika melakukan pemesanan dan barang yang dipilih tidak sesuai dengan pesanan dapat di kembalikan sesuai dengan kesepakatan konsumen, ingin barang diganti baru atau jaminan uang kembali.


Sudut pandang komunikasi bisnis :

Televisi merupakan salah satu media yang efektif, karena dapat menampailkan cara bekerja suatu produk pada saat digunakan. Iklan yang disiarkan dapat menggunakan kekuatan personalitas manusia untuk mempromosikan produknya. Pemasangan iklan terkadang ingin menekankan pada aspek hiburan dalam iklan yang ditayangkan dan tidak ingin menunjukkan aspek komersil. Cara ini dipercaya oleh sebagian orang memiliki kemampuan untuk bisa lebih menjual seperti iklan JD.id. kelebihan online shop tersebut yaitu memudahkan konsumen berbelanja karena menghemat waktu, menghemat biaya, memiliki macam-macam produk yang mudah di cari, bertransaksi mudah, kualitas dan mutu barang yang terjaga dengan baik, yang dimana dapat menguntungkan konsumen dan penjual. Dalam promosi atau pemasaran iklan produk. 

JD.id memiliki beberapa kekurangan dalam komunikasi bisnis adalah tidak langsung dapat meyakinkan kepada masyarakat apakah barang yang mereka jual asli (original) atau barang palsu? Karena meyakinkan masyarakat tidak bisa secara instant. Dari sisi teknologi, JD.id sendiri cukup gencar mempromosikan perusahaan mereka, tidak hanya melalui iklan di televisi tetapi juga di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan Youtube yang mana banyak orang mengakses media sosial tersebut. Seiring dengan berkembangnya zaman dan pesatnya pertumbuhan teknologi, mempromosikan barang bukan suatu hal yang sulit lagi ditambah dengan banyaknya pengguna smartphone. Iklan yang dibuat dapat dengan langsung diterima oleh masyarakat umum.


Keuntungan yang utama pada iklan JD.ID versi “Dijamin ORI”

1.      Aplikai E-Commerce JD.ID menawarkan produk asli (ORI) dan terpercaya sesuai dengan kebutuhan konsumennya.
2.      Pada iklan ini menceritakan pengalam membeli barang di aplikasi E-Commerce lain yang kurang terpercaya dan mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan yang di tawarkan.
3.      Memberikan kepercayaan bahwa layanan online mempermudah transaksi jual beli.
4.      Menggunakan jasa pengiriman produk yang terpercaya.
5.      Membangkitkan minat beli masyarakat akan produk asli (ORI).


Etika dalam iklan JD.id :
1.      Tidak memuat konten yang tidak sesuai dengan kondisi produk
2.      Tidak memicu konflik SARA
3.      Tidak mengandung pornografi
4.      Tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
5.      Tidak melanggar etika bisnis
6.      Tidak saling menjatuhkan produk tertentu dan sebagainya.
7.      Tidak plagiat.


Kesimpulan :

Iklan JD.id versi “Dijamin ORI” memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi online. dan pada saat masyarakat sering kali tertipu dengan produk atau barang palsu yang beredar di pasaran dengan harga yang ditawarkan sangat murah. JD.id memberikan jaminan barang yang tersedia pada aplikasinya merupakan produk asli (Original). JD.id juga memperhatikan dalam segi pelayanan dengan cara memberikan pelayanan yang optimal pada konsumennya.


Sumber :

DR Indah, Zenitha Maulida. 2017. Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi Vol.1, No. 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar